SEKILAS TENTANG BISNIS SAHAM



Mrs Bull & Mr Bear


Bisnis saham adalah sebuah bisnis yang sangat menarik apalagi jika kita sudah mampu menguasai dan memahaminya. Penulis sendiri pertama kali terjun ke bisnis saham di tahun 2014. Keinginan tersebut penulis dapatkan bukan karena ikut ikut atau pun mendengar bahwa dengan berbisnis saham bisa mendapatkan keuntungan yang besar alias cepat kaya. Jika ada anggapan bahwa berbisnis saham bisa cepat kaya, mohon di buang pikiran itu jauh jauh.

Penulis berani mencoba  karena memang penulis ingin mempunyai sebuah bisnis, malah di awal awal penulis ingin berjualan pecel lele atau membuka sebuah food court atau apa saja yang penting punya usaha agar kelak bila sudah berkeluarga bisa membantu perekonomian rumah tangga. Berhubung hobby penulis adalah membaca dan mbah google is my bestfriend ever, ketemulah tulisan tulisan tentang saham ini.

Sebelum membuka rekening saham, penulis banyak mempelajari perusahaan perusahaan yang listing di BEI, menghafalkan kode kodenya dan berusaha sebisa mungkin mencari tahu cara cara nya dan hal hal apa saja yang harus di lakukan. Proses nya lamaa sekali yaitu sekitar 7 bulanan untuk hafalin kode kode saham dan kalimat kalimat yang susah sekali penulis mengerti.

Dan pas di pertengahan tahun 2014 ahirnya penulis memberanikan diri dan penuh keyakinan untuk membuka rekening saham di sekuritas BUMN (ya biar aman dan tenanglah menurut pemikiran penulis karena milik negara). Tapi sekuritas sekuritas swasta juga bagus bagus loo guys menurut review temen teman, tapi di sini penulis hanya membahas sekuritas yang penulis pake saja.


Sekuritas BUMN ini ada 5;
1. Danareksa Sekuritas (OD)
2. BNI Sekuritas (NI)
3. Mandiri Sekuritas (CC)
4. Panin Sekuritas (GR)
5. Bahana Sekuritas (DX)

Untuk sekuritas, pilihan penulis jatuh pada Danareksa sekuritas, untuk lebih jelasnya silahkan cek   http://www.danareksa.com/

Awalnya ya penulis engga tau ini sekuritas nya kek gimana gitu, pake feeling aja setelah tanya tanya sama mbah gugel.
Di Danareksa ini, minimal deposit pada tahun tersebut adalah 5 juta ( gak tau ya sekarang berapanya), atau kalau mau masuk di exutive club atau reguler nya gitu kalo gak salah 50 juta. Penulis sendiri awal deposit nya adalah 10 juta kemudian baru top up lagi. Pertama sekali saham yang penulis beli adalah waskita karya (WSKT) sebuah saham konstruksi milik BUMN.

Penulis membeli saham ini di harga 700 di bulan juni 2014 dengan pertimbangan gambarnya ada di mana mana (wahh pasti kerennn dan bagus ini, pikir penulis). Ketika setelah beberapa minggu harga nya naik ke 800, penulis loncat loncat kegirangan ( maklum amatir, berasa nemu berlian sekilo) dan langsung penulis jual. Tapi guysss, guess whattt?? Sekarang harga wskt adalah 2410 pas penulis menulis blog ini, bahkan sempet menyentuh harga di atas 2800 di august 2016 kemaren, ( nyesell nya gak ilanggg ilang).


http://www.waskita.co.id/en/

Sebenernya banyak sekali saham saham yang murah dan bagus waktu itu, tapi penulis belum begitu ngerti. Akhirnya setelah beberapa tahun ikut workshop dan belajar sana sini, penulis kira kira sudah tahu sebuah saham itu layak di beli atau tidak. Bagi teman teman yang tertarik dan mau mencoba, penulis mempunyai reccomend mentor yang bagus dan cocok (untuk penulis). Kalo ada yang tertarik, silahkan kunjungi di http://www.teguhhidayat.com/   Teguh hidayat adalah termasuk pakar saham di indonesia, penulis cocok dengan analisa dia. Dan penulis sudah mengikuti dia selama 2 tahunan, tapi hanya sebagai pertimbangan saja, untuk keputusan buy hold or sell tetep penulis mengikuti analisa penulis sendiri( bukan promote)


"Sebuah catatan Investor saham fundamentalis untuk tetap tenang dalam menyikapi naik turunnya harga saham dan untuk mengatasi rasa panik, serakah, tidak sabaran, serta tekanan tekanan Psikologis lainnya dalam berinvestasi di pasar modal"



The value investing




Pakar saham selain beliau ini masih ada banyak, silahkan anda googling sendiri. Penulis juga tidak mereferensikan beliau kepada pembaca atau siapapun, beliau penulis sebut di sini karena berdasarkan pengalaman saja. Sebenarnya penulis banyak sekali mengikuti workshop workshop dari mahal sampai yang murah, tapi tidak mungkin di sebutin satu satu.


Di tahun pertama setelah dapet profit dari saham WSKT, penulis loss sekitar 75 persen. Modal penulis hampir habis karena ikut orang beli saham gorengan. Setelah mendekam di kamar berminggu minggu, bahkan penulis sempet megang laptop saaja tidak berani  dan saham yang mines sampe 75% itu penulis diemin berbulan bulan. Ahirnya dalam posisi kebingungan itu, baru deh penulis nyari nyari buku dan rajin ikut workshop meskipun banyak juga workshop yang bahasnya muter muter dan penulis gak nyambung, inti nya belajar sajalah.

Buku buku tentang fundamental dan teknikal penulis pelajari semua, mbah gugel pun mungkin sudah bosan dengan ketikan penulis yang gak jauh jauh  dari saham.  And finally, penulis melakukan cutloss saham TRAM (pasti yang tau ini saham ketawa ngakak, gimana gak ngakak beli di 130 jual di 60, habis itu tidur pules itu si kapal tanker, naik naik nya ya baru2 tahun ini, itu pun di banting lagi sampe mencrettt dari 400 ke 100 an di bulan ini) Dan satu lagi saham yang penulis beli adalah CPGT di harga 80, cutloss di 52, Syukur alhamdulilah itu dana masih selamet karna CPGT gak tau rimbanya sampe sekarang, nyebutin aja sebenernya males.

Sekitar 2 tahun kemudian, ahirnya modal penulis mulai balik, itu pun penulis sudah top up lagi lagi lagi dan lagiii sampe habis semua buat modal. Penulis setiap hari belajar, pagi siang sore malam bahkan di dalam tidurpun kalo bisa buku dan laptop itu penulis bawak masuk ke dalam mimpi untuk di pelajari #halahhh
Efek parno karena loss melulu, jadi harap di maklumi. Bahkan sempet beberapa bulan penulis membenci weekend (ngarepnya market buka terus biar penulis bisa memandangi itu pergerakan candle yang lucu dan unyuu).


"Only he that has traveled the roads, knows where the hole are deep"



"Jerih payahmu tidak akan menghianatimu #prophetsulaiman"
Itu adalah kalimat yang tepat untuk mengungkapkan perasaan dan pengalaman penulis saat ini. Tulisan ini penulis tujukan untuk diri sendiri dan teman teman yang sekarang masih sering loss daripada profit di dalam trading or investasi di saham.Semoga ketika membaca tulisan ini teman teman semua lebih bersemangat lagi dan akhirnya profit konsisten yang kita harapkan dapat tercapai.


And the last, saat ini penulis adalah trader, swing trader ya bukan tik tok or jigobur (dapat jigo kabur), tapi jigobur ini oke juga loo kalo sudah ahli. Penulis juga memegang beberapa saham untuk investasi atau long term di perbankan dan consumer goods.

So you Guys yang tertarik dengan investasi dan trading saham, silahkan mencoba dan jangan menunggu terlalu lama, semakin cepat semakin baik. Tetapi sebelum mencoba harus rajin belajar dulu dan prakteknya jangan di tunda tunda, kalo bisa Learning by doing, is better. Ini ada sedikit quote dari saya, quote ini pun saya kutip dari Peter lynch or warren buffet kalo gak salah, itu bacaan lama sekali soalnya, so penulis males membuka buka susunan buku yang sudah bertumpuk dan kalo salah mohon di perbaiki, intinya adalah;


"Jika anda berniat menginvestasikan uang sekitar 5000 dollar dan anda gagal maka anda akan kehilangan 5000 dollar itu, tetapi jika anda berhasil maka 1.000.000 dollar menanti di depan mata"


 Berhasil atau tidak, sudah pasti itu kembali pada individu masing masing,
 You have to go throught the worst for the best, 

Ask and I will answerπŸ‘‡πŸ‘‡
Comment yang ndak sopan dan SARA will be block,

Happy weekend 😘😘😘

Komentar

  1. Detail pengetahuan nya,,,!
    Boleh mendapatkan rekomendasi nya ,,,??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh, masih belum bisa memberi rekomendasi pak. Masih belajar juga ini Pak..

      Hapus
  2. Bikin artikel yang lebih banyak lagi wok, biar tambah jelas

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PT RAIN TBK (Resource Alam Indonesia Tbk) KKGI

CARA MENGOBATI TELINGA BERDENGING

ANTARA TRADING DAN INVESTASI