CARA MENGOBATI TELINGA BERDENGING



Sssstttt, Miss Nging Nging Coming..


Telinga berdenging atau Tinnitus adalah hal yang sangat menjengkelkan. Saya mengalami tinnitus ini sudah sekitar 9 bulanan. Sudah googling sana sini dan dua kali juga ke Poli THT, tapi tidak sembuh juga. Telinga berdenging ini sangat mengganggu sekali, kadang kadang di waktu tidur, saya sering terbangun hanya karena dengingan di telinga saya sendiri. Duhhh!!! Jujur, saya sempet putus asa karena sudah dua kali ke poli THT tapi tidak sembuh sama sekali, dan saya juga selalu searching tentang telinga berdenging ini tapi rata rata hasil searching saya banyak yang menyarankan agar kita mengkonsumsi obat herbal ini dan itu (sudah saya coba juga dan tidak ada hasil sama sekali) ada juga yang menyarankan agar telinga berdenging ini kita anggap sebagai teman hidup saja alias gak bisa sembuh. Sedih sekali sodara sodara,..

Waktu datang ke klinik pertama kali, setelah di periksa sama dokter saya di kasih obat tetes telinga namanya otopain dan dua jenis obat untuk di minum selama 3 hari, agak berkurang sih tapi selang seminggu itu dengingan muncul lagi dan ketika saya mengkonsumsi obat itu lagi malah sama sekali tidak ada reaksinya. Telinga tambah kencang berdengingnya dan sepertinya kok saya malah budeg yaa.  Akhirnya pemakaian obat tetesnya saya hentikan saja, begitu juga dengan dokter yang kedua, saya juga di kasih salep telinga sama obat tetes sejenis juga dan enam macam obat. Setelah saya konsumsi dua hari sama sekali tidak ada reaksi apa apa! Saya kecewa dan sedih banget karena tinnitus ini benar benar mengganggu kehidupan saya sehari hari.

Karena saya merasa terganggu sekali dengan tinnitus ini, saya tidak berhenti mencari cara untuk mengusir dengingan ditelinga saya. Setelah gooling dan tanya sana sini tiada henti, walhasil ada beberapa reviews yang saya temukan tentang sebuah rumah sakit di Jakarta yang katanya bagus. Tanpa pikir panjang lagi, saya pun langsung pergi ke salah satu rumah sakit tersebut. Rumah sakit yang saya coba kunjungi adalah SS Medika Salemba, Spesialist THT. Di rumah sakit ini saya bertemu dengan Dokter Susana, ada beberapa reviews dokter sih dari hasil googlingnya tapi saya pilih beliau karena reviewsnya  yang paling bagus. Dokter Susana ini prakteknya setiap kamis jam 10 pagi sampe jam 1 siang dan jam 4 sampe jam 6 sore. Dokternya cantik banget dan jelasinnya juga gamblang.

RS SS Medika Jl Salemba 1 No 11-13 Jakarta Pusat

Karena saya menderita tinnitus sudah cukup lama menurut beliau, maka saya di suruh tes audiometry alias tes pendengaran. Telinga kita di pakein kayak headset gitu, tapi kecil terus nanti setiap dengar suara kita harus pencet alat yang kita pegang tersebut. Pemasangan headset nya dua kali, yang pertama di tempelin ke kedua telinga, yang kedua di tempelin ke telinga sebelah dan belakang kepala sebelahnya. And done! Untuk telinga nanti kita duduk menghadap kesebuah layar sambil ngliatin telinga kita di masukin alat yang ujungnya ada kameranya, begitu juga dengan hidung. Hidung kita juga di masukin alat tersebut. Jadi segala isi lubang telinga dan hidung kita terpampang nyata di depan mata.

Setelah di periksa semuanya, Dokter mengatakan pendengaran saya normal dan baik baik saja begitu juga dengan yang lain kecuali ada beberapa saraf saraf telinga saya yang kurang berfungsi dengan baik. Setelah di terangin, dokter menyarankan saya untuk melakukan therapi suntik selama 4-5 kali agar saraf saraf di telinga saya berfungsi normal lagi. Saya oke saja, yang penting sembuh heheheee
Setelah saya setuju, dokter melakukan bius lokal di area dalam telinga saya (saya pikirnya di suntik aja terus udah, ternyata pakai bius segala), Setelah di bius dokter menyuntik bagian telinga saya, tapi bagian mana nya saya tidak tau karena saya tidak bisa melihat/menoleh cuma beberapa menit dan selesai.

Waiting here..

Agak deg deg kan juga, karena saya belum pernah suntik di daerah telinga. Setelah menyelesaikan pembayaran di kasir, dokter memberikan jadwal therapi suntiknya. Oh iyaa, biayanya waktu pertama kali datang sekitar 1.420.000 kalo gak salah ya guyss. 1.020.000 untuk therapy, 200.000 fee dokter and 200.000 nya untuk audiometry nya. Untuk kedatangan selanjutnya, saya hanya bayar biaya therapy saja , konsulnya free.

Baru dua hari dari therapy tersebut, dengingan di telinga saya sudah hilang 50 persen lebih, bahkan sempet berhari hari tidak berdenging sama sekali, (Ya Allah Dok, kenapa gak dari dulu dulu ya taunya) Wahh, manjurrr Bu Dokternya..! Karena merasakan efek yang luar biasa dari dokter tersebut, saya berusaha untuk datang rutin setiap minggu selama lima minggu. Alhamdulilah segala puji bagi Allah, sampe saat ini sudah berjalan sekitar tiga bulan dan dengingan telinga saya sudah hilang sama sekali.! Semoga engga pernah muncul lagi nih si Miss Nging Nging.

Nah bagi kalian yang telinga nya berdenging, cepat cepat bawa ke RS THT ya agar segera di obati. Jangan sampe telat...






Komentar

  1. Asalamualaikum. Saya juga mengalami tinnitus sudah 3 bulanan, daya pendengaran saya turun di 55 db di frekuensi tinggi, saya sudah brobat ke dua dokter Tht yg berbeda, dikasih obat dan vitamin saraf doang. Hingga saat ini tinnitus saya blum ada perubahan sama sekali. Yg ingin saya tanyakan adalah, Apakah masih ada kemungkinan untuk sembuh jika disuntik terapi? Dan mas apakah sudah benar2 sembuh sakarang? Apakah dulu daya pendengaran mas juga turun di frekuensi tinggi? Sekian terimakasih, wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikum salam, Halloo Pak..
      Untuk Tinitus yang saya alami belum sembuh total tapi sudah berkurang sekitar 90% sejak rajin therapy suntik (sekitar 8 kali therapy). Untuk sekarang masih sering nging nging juga kalo saya gak rajin2 jaga makanan. Untuk kemungkinan sembuh saya tidak tau, tapi kalo untuk mengurangi frekuensi dengingannya pasti bisa.

      Di Facebook ada grup khusus tentang Tinnitus namanya TINNITUS INDONESIA, silahkan Bapak join di situ. Banyak sekali review review dokter dan beberapa alternatif lain yang bisa kita coba.
      Untuk saya sendiri jika dengingannya kambuh sampai saat ini saya minum obat dokter namanya Methyl prednisolone 16mg.

      Minumnya 3 hari pertama 3 sekali minum, 3 hari kedua 2 sekali minum, 3 hari terakhir 1 sekali minum tapi minumnya jangan pas mau tidur soalnya obatnya bikin gak ngantuk. Sebaiknya beli yang Generik saja ya kalo mau nyoba. Untuk yang generik harganya sektar 16 ribu/10 butir, kalo yang bukan Generik sekitar 300 ribu /10 butir nya.

      Atau kalo bapak mau silahkan langsung ke RS Medika dengan Prof Helmi (saya udah gak ke Dr Susana lagi).
      Untuk mengurangi dengingan sebisa mungkin kurangi yang asin asin. Oh iya, I'm a women not a man pak
      Semoga membantu and Good luck..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. kl d daerah srby dmn y dokter yg bagus.trz biaya brp.teinga sy berair berdenging jg.sdh k dokter tht tp cmn dksh antibiotik sm nyeri aj.obat yg buat berdenging.kl ad suara keras telinga q lngsng klr cairan

    BalasHapus
  3. kl d daerah srby dmn y dokter yg bagus.trz biaya brp.teinga sy berair berdenging jg.sdh k dokter tht tp cmn dksh antibiotik sm nyeri aj.obat yg buat berdenging.kl ad suara keras telinga q lngsng klr cairan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBANDINGAN ANTARA DIVIDEN SAHAM DAN BUNGA DEPOSITO

CARA DAFTAR BPJS 2017