PERJUANGAN BERHENTI MEROKOK



Why should I stop smoking? Think!!!


Yapp, kenapa kita harus berhenti merokok..?? Tanya sendiri jawab sendiri (bagi perokok). Mungkin kalimat kalimat yang akan saya tulis merupakan kata kata basi bagi yang belum pernah mengalaminya, tapi percayalah berhenti merokok adalah perjuangan yang luar biasa bagi para perokok yang telah berhasil berhenti atau pun yang sedang berjuang untuk menjauhi barang yang katanya bikin otak rilex tersebut.

Sooo, let the story begin..
Sudah sekitar setahun yang lalu saya berencana berhenti merokok, tapi seperti biasa rencana nya ya tinggal rencana saja, tar sok tar sok, sebatang lagi sebatang lagi sampai ahirnya tetap habis dua bungkus tiap hari, hehehehee. Keinginan saya untuk berhenti merokok yang sudah sejak lama ada ini bertambah kuat ketika saya jatuh sakit waktu itu. Sebenarnya waktu sakit check up, paru paru saya normal dan baik baik saja dan dokter pun tidak tau kalo saya merokok, tapi saya ketakutan sendiri karena saya merasa banyak merokok tapi kenapa paru paru dan pernapasan saya baik baik saja, **mikir

So...mulailah saya berhenti merokok di hari yang telah saya tentukan. Hal pertama yang saya lakukan adalah menjauhkan asbak dan rokok dari segala penjuru rumah kemudian membuat celengan uang jatah rokok, haaaaaaa (bayangin nya enak bangett kalo uang rokok kekumpul sampe tahunan). Dihari pertama saya sukses tidak menyentuh rokok sama sekali (karena memang gak ada rokok dirumah). Next.. hari kedua dan seterusnya, hal yang saya rasakan adalah mulai mual, pusing dan rasa tidak enak sama sekali alias depresi. Saya seperti orang kebingungan dan linglung, tapi saya selalu menguatkan niat dan tekad dalam hati untuk tetap tidak merokok.



Seminggu dua minggu, saya tetap bertahan, dalam minggu pertama dan kedua ini saya benar benar tersiksa. Dan hal yang menjengkelkan adalah nafsu makan meningkat 10 kali lipatt. Disamping itu badan saya juga selalu gemetaran dan kayak orang sakit, badan saya juga agak kram semua, kaki gemeteran dan konsentrasi saya waktu membaca atau menulis juga berkurang. Tapi tetap saja saya tidak mau merokok lagi. Niat saya sudah benar benar bulat, saya mau berhenti merokok!
Dan waktupun terus berlalu, saya merasa seperti pesakitan alias kayak orang bengek tapi gak pilek, aneh banget deh rasanya. Sempat juga saya mau ikut hipnotherapi yang katanya bagus buat pecandu rokok, tapi saya masih mencoba bertahan dulu, hypnotherapi merupakan pilihan terakhir kalo saya merasa sudah benar benar engga sanggup.

Dalam menjalani hari hari tanpa rokok ini, saya masih belum percaya kalo efek berhenti merokok sampai segitunya,. Sampe segitunya di sini maksudnya badan seperti kram, pikirannya jadi gak konsen, insomnia, gemetaran, nafsu makan meningkat, rada rada pikun (ini yang saya rasain), depresi, sensi parah dan suka marah marah. Intinya kalo gak ngerasain sendiri pasti gak akan percaya. Tapi ternyata, bukan saya saja yang merasakan hal tersebut. Rata rata para perokok yang pengen berhenti merokok ya mengalami hal yang sama, ada juga beberapa orang yang berbeda tapi rata rata sama.

Untuk saya sendiri, ketika saya pengen banget merokok, saya mencoba mengalihkan pikiran dengan hal lain sebagai contoh nya adalah dengan menonton tv, membaca buku atau menelpon teman/saudara untuk rumpi neng nong dut biar lupa. Pernah juga coba coba makan permen tapi yang ada malah mulut saya lecet karena permennya keras (saya recommend permen karet bagi yang ingin mencoba). Tapi karena saya engga suka manis, ahirnya saya gak ngemil apa apa, biarin aja mulutnya asem dan pahit, lama lama juga terbiasa.


**Smoking and Broken heart kill you 


Finally... Yeayyyy!! Sudah tiga bulan lebih saya terbebas dari asap rokok, belum terlalu lama sih tapi ya lumayan untuk pemula (dan semoga saya gak pernah merokok lagi). Saat ini badan saya sudah biasa saja, tidak kram atau kaku kaku lagi dan tidur saya pun pules banget,.. Wajah lebih fresh karena engga kena asap rokok. Oh iyaa, bagi yang sedang berusaha untuk berhenti merokok, saya sarankan untuk minum banyak air putih dan makan pisang. Pisang sangat berperngaruh sekali untuk mengontrol mood kita, ini saya dapat dari google juga dan langsung saya praktekin dan memang hasilnya bagusss. Untuk air putih sendiri biasanya kan kita kalo pup harus merokok kalo gak merokok susah keluarnya (mungkin hanya sugesti saya sendiri atau orang lain merasakan hal yang sama), jadi kalo kita banyak minum air putih nanti pencernaannya lancar dan juga mengurangi rasa ingin makan yang berlebihan.


Saat ini, jika ada teman atau orang lain merokok di dekat saya, saya biasa saja. Pengen banget juga engga, engga pengen juga engga, biasa saja.. Padahal juga engga ada yang melarang saya berhenti merokok apalagi yang nyuruh. Keinginan merokok pure keinginan saya sendiri demikian juga dengan berhenti merokok murni niat saya sendiri. Alhamdulialh.. Segala puji bagi Allah..
Buat teman teman yang sedang berusaha berhenti merokok, kuatkan niat , karena kalo NIATNYA KUAT, dalam kondisi apapun pasti tidak akan mudah tergoda untuk merokok kembali. Nanti kalo sudah lewat dua bulanan beda banget rasanya, tambahin rajin olah raga biar ada kegiatan jadi otak kita pikirannya gak ke rokok terus, percayalah.. nanti lama lama juga lupa sama itu rokok...
Selamat tinggal Mr Rokok..

"One of the hardest decisions you'll ever face in life is 
   choosing whether to walk away or try harder"





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PT RAIN TBK (Resource Alam Indonesia Tbk) KKGI

CARA MENGOBATI TELINGA BERDENGING

ANTARA TRADING DAN INVESTASI