END OF YEAR 2017

End of year 2017


Well, this is the end of  2017. Let's makes some notes guys..
Mari membuat catatan or review untuk diri kita sendiri dalam rangka menyambut tahun baru 2018 nanti. Apa yang kurang, apa yang lebih dan apa yang kira kira harus di perbaiki.


FLASHBACK
Dari January - Mei 2017 kemaren, penulis banyak mencapai target target yang penulis tetapkan sendiri, terutama dalam hal Bisnis Saham. Kira kira setengah tahun bertransaksi (saham ) Penulis berhasil membukukan profit sekitar 20% dari total porto. Hasil ini memang jauh sekali bila di bandingkan dengan para master master di dunia persilatan (trading) sana, tetapi penulis sangat bersyukur karena  porto penulis sudah menampakkan hasil seperti yang penulis harapkan.

But, unfortunately dari Mei - Desember bulan ini profit penulis  terbang bersama stoploss. Penulis beberapa kali melakukan kesalahan dalam melakukan transaksi beli di beberapa saham pilihan kemaren. Sebenarnya bukan salah fatal sekali, melainkan sesudah transaksi penulis mempunyai beberapa keraguan yang membuat penulis akhirnya menjual semua emiten pegangan penulis dan hanya menyisakan satu porto untuk di average (klik di sini) dan satu porto lagi (klik di sini) untuk menunggu dividen saja (dan kalo pun dividen nya belum sampai tanggal cum date tapi saham nya sudah naik melebihi target kemungkinan besar penulis akan menjualnya)

 
Sebagai note untuk diri sendiri adalah ketika kita sedang sakit atau dalam keadaan tertekan jangan sampai sekali kali mengambil keputusan untuk open posisi dan bertransaksi (atau mungkin melakukan sesuatu hal besar dalam apapun)  karena hasilnya bisa di pastikan tidak bagus. And now, I pay attention to my trading result:

Tahun     Return
2014        0            (zero)
2015     - 75%       (loss)
2016     +120%     (profit)
2017        0            (zero)


Agak menyedihkan memang, but it doesn't matter, tahun depan kita berusaha lagi, hehehehe. Lebih baik tidak melakukan apa apa dari pada ragu ragu..

REALITY
Sudah sekitar delapan bulan ini penulis sakit dan sedang dalam masa penyembuhan. Karena sakit banyak sekali hal hal dan hobby penulis yang tertunda. Penulis hanya bisa makan tidur dan tidak mengerjakan apa apa. Tetapi karena jenuh sekali, penulis kembali memaksakan diri untuk memperdalam analisis fundamental dan kembali mengulang ulang belajar analisis teknikal.

And after a few months..! Dengan perasaan yang senang sekali sekarang penulis merasa benar benar sudah mengerti (walaupun masih dalam tahap belajar juga) dengan analisis fundamental sebuah perusahaan. Penulis benar benar berkonsentrasi dalam belajar (dari buku dan workshop2) dan bertanya terus (thanks to my mentor) sampai penulis merasa paham dan nyaman. Rasanya penulis benar benar tidak ingin menyia nyiakan waktu yang berjalan meskipun masih dalam kondisi berobat jalan juga. Senang sekali bisa belajar full time tanpa memikirkan apa apa.



Tahun 2017 ini adalah tahun terbaik untuk penulis di mana penulis merasa segala macam ujian berubah menjadi keajaiban. Sempat beberapa waktu penulis merasa segala apa yang penulis kerjakan terasa sia sia. Tetapi ketika penulis berpikir lebih jauh lagi banyak sekali hal baik yang terjadi dan belum pernah penulis syukuri. Rasa rasanya penulis sudah berubah ke arah yang lebih baik bukan di 180 derajat lagi melainkan lebih dari itu. Untuk saat ini penulis benar benar merasa berdiri on the right track, dengan segala keyakinan dan keputusan keputusan yang sudah penulis ambil..


2017 has taught me so much about my self, and now I'am ready for an awesome new beginning filled with new adventures! Oh, and I'am already claiming 2018 as a good year "Mentally, Spiritually and Financially" ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡ I mind my business, I work on my goals and I distance myself from shady people and dramatic situations.. "Speak it, work it and claim it into existence. The power of the tongue, the power of your thoughts and the power of your mind will create a life you desire" ๐Ÿ’—๐Ÿ’—๐Ÿ’—

Soo welcome Good Opportunity 2018..!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PT RAIN TBK (Resource Alam Indonesia Tbk) KKGI

CARA MENGOBATI TELINGA BERDENGING

ANTARA TRADING DAN INVESTASI