CARA DAFTAR BPJS 2017



Apakah BPJS itu dan bagaimana cara mendaftarnya? BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang memberikan layanan asuransi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Bagaimana cara mendaftarnya? Ada dua cara untuk mendaftar layanan BPJS ini yaitu secara online dan offline. Penulis sendiri melakukan pendaftaran secara offline di kantor BPJS terdekat. Untuk pendaftaran secara online silahkan anda kunjungi https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/ dan untuk pendaftaran offline terbaru di tahun 2017 penulis akan membahasnya berdasarkan pengalaman penulis sendiri (jadi bukan karena kata nya si anu kata si ini, baca di sana baca di sini). 

Untuk jenisnya, BPJS ini ada dua yaitu BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan. Tapi di artikel ini, penulis hanya akan membahas tentang BPJS kesehatan saja. Dari hasil nanya nanya sama mba penjaga loket ( lebih baik datangnya pagi pagi karena jam 1 siang loketnya tutup, jadi isi form nya gak keburu buru), sebenernya BPJS ini adalah program jaminan kesehatan yang di adakan oleh pemerintah sudah lama, sekitar tahun 2014 an, tapi masih banyak masyarakat yang belum tahu (mungkin juga tidak mencari tahu/kurangnya informasi). Bpjs adalah merupakan program peralihan dari program program pemerintah sebelumnya yaitu askes, jamkesmas, jamkesda dan dan jamsostek.

Alamat kantor BPJS Jakarta Barat:

  1. BPJS Kesehatan KCU Jakarta Barat Jl. Palmerah Barat 353 Blok B No.4, Komplek Kampus Widuri, Jak-Bar 11220 Telp. :(021) 5322630 Hotline : 0812 8415124 
  2. Kantor Cabang Grogol (Jakarta Selatan) Gedung Bank Lippo Lantai 3 Jl Daan Mogot no 95C Jakarta Barat 11510 Telp (021) 5664269
  3. BPJS Kesehatan Daan Mogot Jl Jimbaran blk lb1 no 12 RW/RT 08/12 Kalideres Jakarta Barat 11840
BPJS KCU Jakarta Barat


Hal pertama yang penulis lakukan ketika mendaftar offline adalah mengunjungi website BPJS, dan menyiapkan persyaratan persyaratannya yang ada di link tersebut (jangan lupa daftar BPJS nya di awal bulan ya, jadi tidak rugi karena kalo ahir bulan daftar dan langsung bayar, awal bulanya langsung bayar lagi, lumayankan..). Tetapi setelah mendaftar secara langsung di tempat, sesampainya disana ternyata persyaratannya gampang sekali (tidak harus selengkap seperti yang tertulis) yaitu hanya:
  1. KTP/PASSPORT
  2. KK (Kartu Keluarga, untuk satu KK maka semua nama yang tertera harus ikut dan pengambilan kelasnya juga harus sama)
  3. Rekening tabungan BRI/MANDIRI/BTN/BNI
Padahal sebelumnya penulis juga menyiapkan pas photo ukuran 3x4 berwarna, juga NPWP dan tertera juga bahwa di utamakan E KTP. Ternyata photo dan NPWP tidak dipakai sama sekali,  ( KTP biasa bisa,bahkan bagi yang E KTP nya belum jadi, pakai resinya pun juga bisa) dan petugasnya menerangkan dengan ramah walupum kadang petugasnya agak cemberut ketika ada beberapa orang yang ngotot minta di tungguin karena isi formulirnya belum selesai, ada juga pendaftar yang ngotot minta kartunya langsung jadi. Di kantor tempat pendaftaran penulis ini di bagi dua bagian yaitu:
  1. Sebelah kanan pintu masuk untuk pendaftaran BPJS ketenagakerjaan/rombongan
  2. Sebelah kiri pintu masuk untuk BPJS perorangan

Form pendaftaran



Setelah mendaftar, petugas memberikan formulir yang harus di isi, tapi formulirnya kecil sekali jadi harus benar benar teliti sebelum mengisi data datanya. Untuk tarif BPJS kesehatan ini terdiri dari tiga kelas :

  1. BPJS kelas 1: 80.000
  2. BPJS kelas 2: 51.000
  3. BPJS kelas 3: 25.500
Untuk fasilitas pelayanan kelas 1,2 dan 3 yang membedakan hanya kamarnya saja, selain itu semua sama (obat obatan dan lainnya).
Setelah selesai, segera serahkan formulir dan data data anda ke petugas, nanti setelah di data, kita akan mendapatkan nomor virtual account yang akan di kirim ke no hp kita. Diminta alamat email juga sih, tapi sampai hari ini penulis belum pernah mendapatkan email dari BPJS, hanya notif lewat hp saja.

Notifikasi dari BPJS beberapa jam kemudian


Setelah beberapa jam dari pendaftaran, kita akan menerima notifikasi seperti yang tertera di gambar. Selanjutnya kemudian silahkan anda menyelesaikan pembayaran sesuai bank yang ditunjuk dan yang anda pakai. tunggu sampai maksimal 14 hari kerja,
"Untuk pengisian alamat tempat tinggal sekarang, harap di isi dengan jelas karena kartu BPJS nya nanti di kirim ke alamat tempat tinggal tersebut" Itu kata mba petugasnya waktu itu, tapi pada prakteknya setelah menunggu dua minggu kartu BPJS penulis tidak kunjung datang. Atas inisiatif sendiri penulis datangi kantor BPJS tersebut dan setelah bertanya bla bla bla, penulis di mintai photocopy ktp dan resi pembayaran angsuran pertama, kemudian setelah di serahkan dan menunggu sekitar satu sampai dua jam sudah jadi.


Sebenarnya menurut penulis kartu BPJS ini sangat penting sekali untuk menjamin kesehatan kita (apalagi jika kita tidak punya asuransi kesehatan yang full cover), doa penulis sendiri semoga kartu BPJS ini tidak pernah terpakai alias semoga penulis sehat terus dan terus. Jika harus kehilangan sejumlah iuran di BPJS ini, tidak apa apa, yang penting sehat terus. Anggap saja iuran wajib bulanan ini amal kita untuk orang lain yang sakit.
Semoga bermanfaat..






Komentar

  1. agen judi terpercaya bolavita
    Gabung Sekarang Juga / Dapatkan Bonus 10% Untuk Member Baru..
    Daftar >> Deposit >> Withdraw Sekarang Juga Di Website www.bolavita1.com
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PT RAIN TBK (Resource Alam Indonesia Tbk) KKGI

SEKILAS TENTANG BISNIS SAHAM

PERJUANGAN BERHENTI MEROKOK