DISIPLIN-DIRI DAN KESUKSESAN PRIBADI




Artikel kali ini, bukanlah karangan penulis sendiri. Artikel ini penulis ambil dari buku karangan Brian Tracy, karena penulis pikir isi buku ini luar biasa sekali jadi tidak ada salahnya penulis ambil beberapa halaman yang penting dan sangat berguna menurut penulis, siapa tau bisa berguna atau menginspirasi juga buat orang lain, untuk lebih lengkapnya jika anda tertarik silahkan anda cari di toko buku kesayangan anda, siapa tau masih ada atau mengeluarkan cetakan baru lagi.

TERBANG BERSAMA ELANG
Beberapa tahun lalu, salah satu peserta seminar saya menceritakan kisahnya kepada saya. Bob Barton mengatakan ia memulai karirnya dalam usia 20 tahun di satu perusahaan besar dengan sekitar 32 tenaga penjualan di cabangnya. Itu adalah pekerjaan nyata pertamanya dan ia memulai dari dasar. Karena masih baru, dia bergaul dengan tenaga penjual baru lainnya. Seperti dikatakan 'Burung dengan bulu yang sama Terbang bersama"


"Burung orang kaya (pengecualian)"

Setelah satu atau dua bulan, Bob memperhatikan bahwa tenaga penjual papan atas di kantor itu juga bergaul dengan penjual papan atas lainnya. Mereka tidak menghabiskan waktu dengan tenaga penjual baru, mereka juga menghabiskan waktu secara berbeda. Ketika Bob sampai di kantor di pagi hari, para penjual papan atas sudah sampai di sana, merencanakan hari mereka dan bekerja dengan membuat janji lewat telepon. Bob jga memperhatikan para tenaga penjual baru datang belakangan, minum kopi, membaca koran, dan membuat dalih untuk tidak melakukan telepon penjualan.

BELAJAR DARI YANG TERBAIK
Bob memutuskan untuk memolakan diri mengikuti para tenaga penjual papan atas di kantornya. Ia mengamati cara mereka berpakaian dan berpenampilan, dan ia kemudian memutuskan untuk berpakaian dan berpenampilan seperti mereka. Setiap pagi ia berdiri di dpan cermin dan bertanya kepada diri sendiri "Apakh aku terlihat seperti salah satu tenaga penjual papan atas di kantor?"
Kalo jawaban nya tidak, ia akan kembali dan berpakaian hingga merasa terlihat sehebat orang orang terbaik itu. Ia mulai datang kekantor dan mengatur harinya sebelum jam 8.30 pagi sehingga ia sudah siap melakukan kunjungan begitu pelanggan bisa menemuinya.

I changed my thinking, It changed my life..

Suatu hari, Bob bertanya kepada salah satu tenaga penjual papan atas itu apakah bisa merekomendasikan suatu buku atau program audio yang akan membantunya. Ternyata orang orang papan atas itu selalu dengan senang hati mau membantu orang lain menjadi lebih baik. Ketika mendapat rekomendasi itu, Bob langsung keluar untuk mendapatkan buku dan melesat untuk mendapatkan program audio yang di rekomdasikan. Ia membaca buku dan mendengarkan program audio itu dan selanjutnya memberikan laporan kepada tenaga penjal papan atas tersebut. Orang itu memberinya lebih banyak saran tentang apa yang sebaiknya ia baca dan dengarkan, yang Bob benar benar ingin ikuti.

LAKUKAN APA YANG ORANG PAPAN ATAS LAKUKAN
Bob bertanya kepada penjual lain bagaimana ia meerencanakan harinya, dan orang itu menunjkkan sistem manajemen waktunya kepada Bob. Jadi, Bob pun mulai merencanakan dan mengatur harinya seperti yang para tenaga penjual papan atas lakukan.Dengan menjadikan para tenaga penjual papan atas ini panutan dan meniru mereka ketika hal itu memang memungkinkan, Bob mulai lebih banyak mendapatkan janji temu, menemui lebih banyak prospek dan melakukan lebih banyak penjualan. Dalam waktu enam bulan, ia juga menjadi salah satu tenaga penjual papan atas di kantor itu.


Pada saat itu para penjual papan atas sudah mengajaknya minum kopi dan makan siang , dan ia menjadi salah satu di antara mereka, bukan lagi salah satu tenaga penjual baru. Tahun berikutnya Bob mengikuti konferensi penjualan nasional , saat ia bertemu banyak penjual papan atas dari seluruh penjuru negeri, ia sengaja mencari mereka dan meminta nasehat mereka : Buku apa yang mereka sarankan, Program audio apa yang mereka rekomendasikan?, seminar apa yang sudah mereka hadiri? Strategi apa yang mereka dapati aling efektif untuk membangun bisnis penjualan mereka?

IKUTI NASEHAT YANG ANDA PEROLEH
Bob melakukan sesuatu yang hanya sedikit orang pernah lakukan:
"Ketika mendapatkan nasihat, ia mengikutinya dan ia segera melakukan nasihat itu dan juga melaporkan kembali kepada orang yang sudah memberikannya"
Dalam jangka waktu empat tahun, Bob menjadi salah satu tenaga penjual papan atas di seluruh negeri. Teman teman beserta rekan rekannya adalah para tenaga penjual papan atas lain di cabangnya dan cabang lain. Pendapatanya naik berkali kali, ia mengenakan pakaina bagus, mengendarai mobil baru, tinggal di rumah cantik dan mempunyai istri yang luar biasa. Dan ia mengatakan semua itu muncul sebagai hasil dari meminta masukan kepada orang orang papan atas dan kemudian mengikuti masukan itu serta menerapkannya kedalam aktivitas penjualannya.
"Decisions help us start, Dicipline help us finish"

Tapi, ini dia bagian rumitnya: "Berkali kali orang papan atas, mereka yang dari tahun ketahun sudah memenangkan penghargaan dalam bidang penjualan, mengatakan hal yang sama kepada Bob: Ia adalah orang pertama yang pernah datang dan meminta nasehat kepda mereka. Tidak seorangpun pernah mencari mereka dan bertanya kenapa mereka begitu sukses.

SEMUA JAWABAN SUDAH DITEMUKAN
Ini dia satu penemuan hebat, Semua jawaban sudah di temukan, semua jalur menuju sukses sudah di ketahui, apasaja yang anda perlu pelajari untuk berada di puncak bidang anda sudah dipelajari ratusan bahkan ribuan orang lain. Dan jika anda meminta nasehat mereka, mereka akan memberikannya kepada anda. Orang orang sukses akan menahan panggilan telepon mereka, membatalkan janji pertemuan lain dan mengesampingkan pekerjaan mereka untuk membantu orang lain agar sukses. 

Tapi, Anda harus meminta, dan kemudian anda harus mengikuti nasihat mereka begitu mereka memberikannya kepada anda. Jika anda tidak bisa meminta secara langsung, baca buku mereka dan hadiri pembicaraan serta seminar mereka. Dengarkan program program audio yang orang orang sukses buat. Kadang anda bisa mengirimkan email dan meminta nasihat. 

"BELAJARLAH DARI YANG TERBAIK, IKUTI PARA PEMIMPIN BUKAN PARA PENGIKUT"

SELAMAT MENCOBA...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PT RAIN TBK (Resource Alam Indonesia Tbk) KKGI

CARA MENGOBATI TELINGA BERDENGING

ANTARA TRADING DAN INVESTASI